Thursday 14 March 2013

GRAPHOLOGY ( Analisis Tulisan Tangan )


Gaya tulisan yang Anda buat itu berasal dari pikiran bawah sadar yang Anda miliki. Maka bisa dikatakan bahwa tulisan bisa mengungkapkan berbagai perasaan emosi si penulis. Tentu saja untuk mengetahuinya tidak sembarangan ilmu yang dipakai membaca rahasia dibalik tulisan tangan. Ilmu yang menganalisis tulisan tangan disebut Graphology.
Hal yang paling rahasia untuk dapat diketahui bahkan potensi-potensi yang terpendam dan tak disadari bisa diketahui lewat Graphology. Untuk mengetahui kepribadian seseorang dengan tingkat akurasi yang mencapai 90%.dapat menggunakan analisis tulisan tangan karena tulisan tangan dihasilkan dari proses pikiran bawah sadar seseorang, yang kemudian direfleksikan melalui kontraksi syaraf dan otot di tangan pada tangan ketika menulis. Secara otomatis, hasil dari pikiran bawah sadar itu akan muncul dalam tulisan tangan. Proses ini terjadi secara alami, dan tidak bisa dimanipulasi atau direkayasa. Seperti sidik jari atau DNA, tulisan tangan masing masing orang mempunyai ciri khusus yang unik dan berbeda.

 Bagaimana cara mengetahuinya???
“Siapkan selembar kertas polos (ukuran A4) tanpa garis dan bullpoint. Sekarang tuliskan apa saja yang ada di dalam benak anda, tetapi bukan mengenai puisi atau syair lagu. Biasanya hal yang paling mudah ditulis,  kegiatan anda sehari-hari atau apa yang tadi anda lakukan mulai dari bangun tidur  sampai saat ini. Dianjurkan menulis di atas  alas kayu, bukan kaca atau kain taplak. Tidak ada batas waktu penulisan’

Mari Mulai Menganalisa
 
1.      Tekanan
Dari kuat atau ringannya tekanan tulisan seseorang, Anda dapat mengetahui karakter orang tersebut. Bisa Anda perhatikan dengan memperhatikan bekas goresan dibalik kertas.
a.       Tekanan yang kuat:
*      Orang yang tulisannya tebal hingga menimbulkan bekas coretan dibalik kertas biasanya mereka memiliki emosional yang tinggi.
*      Terlalu mendalami perasaan mereka baik itu bahagia atau sakit hati. Mereka menyerap segala suatu seperti spon. Biasanya mereka juga memiliki selera yang tinggi, jiwa yang sukses dan penuh vitalitas.
*      Tegas dan memiliki keinginan yang kuat bahkan cenderung memaksakan orang lain untuk menuruti kemauan meraka.
*      Makanya tak jarang orang yang memiliki tekanan tulisan seperti ini biasanya kaku susah menyesuaikan diri dalam pergaulan.
b.      Tekanan yang sedang:
*      Tulisan yang memiliki tekanan yang sedang mencerminkan kepribadian yang cukup sukses, biasanya berenergi untuk mengatasi kehidupan sehari-hari.
c.       Tekanan yang ringan:
*      Tulisan yang memiliki tekanan halus mencerminkan kepribadian yang tenang dan santai, lebih bertoleransi pengertian sulit mengambil keputusan dan biasanya mudah terpengaruh dan menghindari situasi yang rumit.
2.      Ukuran
a.       Tulisan besar:
*      Orang yang menulis dengan ukuran tulisan yang besar biasanya cenderung suka diperhatikan selalu ingin tampil didepan dan ingin didengarkan.
b.      Tulisan kecil:
*      Orang yang menulis dengan ukuran kecil biasanya lebih memperhatikan detail introspektif cenderung lebih pendiam dan mandiri, kemampuan konsentrasi pada detil untuk jangka waktu yang panjang, senang bekerja sendiri, dapat dipercaya untuk melakukan pekerjaan yang menuntut perhatian tinggi.
3.      Kemiringan
a.       Miring ke kanan:
*      Orang dengan tulisan seperti ini biasanya memiliki karakter yang impulsif emosional aktif suka bergaul ramah menyukai tantangan lebih terbuka (ekstrovert), penyayang, hangat, & outgoing dan ekspresif.
b.      Miring ke kiri:
*      Jenis tulisan seperti ini biasanya penulisnya bersikap menutup diri (introvert), lebih protektif selalu berpikir logis dan mencerminkan sifat seseoarang yang lebih menarik diri, tidak mau menunjukkan emosi dan berkesan dingin.
c.       Tegak lurus:
*      Orang yang memiliki tulisan tegak lurus mencerminkan seseorang yang bisa mengontrol diri dan bisa menahan, berusaha lebih menggunakan logika dalam situasi tertekan.
4.      Cara penulisan huruf
a.       Tulisan sedikit bergelombang (normal)
Orang yang memiliki tulisan seperti ini biasanya penulisnya memiliki karakter yang menunjukkan keseimbangan antara optimisme dan pesimisme dalam batas wajar.
b.      Tulisan turun ke bawah
Orang yang memiliki tulisan yang turun ke bawah mencerminkan seseorang yang pesimisme, depresi, dan kelelahan.
c.       Tulisan terlalu bergelombang
Orang yang memiliki tulisan yang terlalu bergelombang mencerminkan seseorang yang  sangat emosional.
d.      Lurus
Orang yang memiliki tulisan yang lurus mencerminkan seseorang yang kaku dan terlalu disiplin.
5.      Penulisan huruf “I”
a.       Dengan putaran tipis : kemampuan berpikir cepat.
b.      Dengan putaran lebih besar : berpikir secara lambat, mengambil waktu untuk menyerap ide-ide sehingga cenderung kreatif.
6.      Penulisan Huruf “O”
a.       Tidak bulat (kurus) : tidak punya pola pikir luas.
b.      Bulat dan besar : rasa khawatir berlebihan.
7.      Penulisan Huruf “G”
*      Semakin besar putaran, semakin besar pula keinginan tentang kehidupan social dan fantasi seksual.
8.      Penulisan Huruf “Y”
*      Semakin besar putaran, semakin besar dorongan seksual dan uang.
9.      Penulisan Huruf “P”
*      Semakin besar putaran, semakin besar kegiatan fisik.
10.  Jarak Huruf
a.       Cukup : percaya diri, nyaman atas dirinya.
b.      Sangat dekat : tidak nyaman dan low selfesteem.
c.       Tidak teratur : binggung dan kacau.
11.  Jarak Kata
a.       Sangat dekat : perlu dekat dengan orang lain, suka keramaian.
b.      Sedang : nyaman dalam berhubungan dengan orang lain.
c.       Lebar : menghindari kedekatan, keramaian, atau punya masalah untuk berhubungan dengan orang lain.
12.  Intelegensia dan Kecerdasan (dilihat dari bagian atas huruf “m”, “n”, “r”)
a.       Runcing/mengerucut : cerdas, cepat mengambil keputusan.
b.      Membulat : berpikir lebih panjang sebelum mengambil keputusan, kreatif.
c.       Rata : tidak punya kapasitas belajar dengan cepat, kurang kreatif, malas, bodoh, menyembunyikan sesuatu, kurang punya kemampuan berkomunikasi.
13.  Kecepatan Menulis
a.       Cepat : spontan, tidak sabaran, ambisius, agresif, cuek.
b.      Rata-rata : lebih lambat, berhati-hati, kreatif, sangat rapi dan terorganisir.
c.       Lambat : kurang berambisi dan tidak gigih.

No comments:

Post a Comment